Timnas sepeda jalani "altitude training"

Timnas sepeda jalani

Jakarta, 10/8 (Antara) - Tim nasional balap sepeda yang akan berlaga di Asian Games 2018 telah menjalani "altitude training" atau latihan di ketinggian untuk melatih daya tahan dan kekuatan.

Manajer pelatnas Ikatan Sepeda Sports Indonesia (PB ISSI) Budi Saputra ketika dihubungi di Jakarta, Jumat, mengungkapkan bahwa latihan ketinggian itu dijalani timnas balap sepeda ketika berlatih di Melbourne, Australia bulan lalu.

"Progres anak-anak sangat bagus karena di sana ada satu program yaitu 'altitude training' yang dilakukan di ruangan.... Itu yang membuat anak-anak berbeda," kata Budi.

Di dalam ruangan simulasi tersebut, pebalap nasional Aiman Cahyadi dkk. menjalani simulasi latihan seolah-olah mereka berada di ketinggian 3.500 meter di atas permukaan laut dengan kadar oksigen 14 persen.

Setelah menjalani latihan tersebut, progres Aiman pun terlihat ketika mengikuti kejuaraan Australia Nasional Series, ungkap Budi.

Di hari pertama kejuaraan, Aiman berada di urutan 8. Kemudian pada hari kedua, di 5 km terakhir, Aiman berada di posisi empat, namun sayang rantai sepedanya putus.

Aiman Cahyadi, Jamal Hibatullah, Dadi Suryadi, Robin Manullang, dan Adrian Hidayat disiapkan untuk membela Indonesia dalam cabang olahraga balap sepeda nomor road race Asian Games 2018 yang akan digelar di Subang, Jawa Barat.

Budi mengungkapkan bahwa "altitude training" bukan disiapkan semata-mata untuk balapan di Subang, yang ketinggiannya kurang dari 1.500 meter.

"Ini memang untuk kekuatan mereka, untuk daya tahan mereka agar performanya naik. Jadi apa pun, dan di mana pun arenanya, latihan ini akan sangat menunjang," kata Budi.

Timnas balap sepeda sudah kembali ke Indonesia pada 1 Agustus setelah menjalani kamp pelatihan dan tryout di Melbourne.

"Pada intinya perkembangan di Australia cukup bagus.... Itu sebagai modal kita," tambah pelatih kepala timnas balap sepeda Dadang Haris Purnomo.

Kini Aiman dkk. melanjutkan latihan di Subang untuk persiapan balapan di Asian Games 2018 nanti.

T.A059/

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono