Hong Kong, China rebut emas putra Rugby Sevens

Hong Kong, China rebut emas putra Rugby Sevens

Oleh Arumanto

Jakarta,1/9(Antara)- Tim putra Hongkong berhasil merebut medali emas cabang olahraga rugby seven Asian Games 2018, setelah mengalahkan tim putra Jepang dengan skor 14-0 pada laga final yang berlangsung di lapangan Rugby, Gelora Bung Karno, Senayan, Sabtu malam (1/9).

Tim Hongkong yang bukan merupakan tim unggulan, justru tampil luar biasa dan berhasil melumpuhkan tim Jepang pada laga penentuan gelar juara.

Pada laga tersebut, tim Hongkong mengawali pertandingan dengan taktik yang strategi yang jitu, dan berhasil memimpin skor 14-0 di babak pertama.

Pemain Hong Kong, Yiu Salom membuka skor bagi timnya dengan poin lima pada menit ke-1, dan disusul Benjamin Reihana menambah konversi dua angka, setelah tendangannya tepat mengarah pada gawang tim Jepang.

Pada menit akhir babak pertama, Alesandro Nardoni menambah poin lima bagi tim Hong Kong, dan disusul konversi dua angka oleh Benjamin Rehana.

Tambahan poin teraebut menjadikan skor 14-0 untuk Hongkong dan sekaligus menutup babak pertama. Memasuki babak kedua tim Jepang, merubah taktik dengan memasukan amunisi pemain baru yang lebih segar untuk mengejar defisit angka.

Sayangnya, alur serangan yang dibangun oleh Motumura dkk selalu kandas oleh ketatnya benteng pertahanan tim Hong Kong. Hingga waktu dua babak ( 2x 7 menit) berakhir, skor 14-0 untuk tim Hong Kong tidak mengalami perubahan. Dengan kemenangan tersebut tim putra Hongkong berhak atas medali emas Asian Games 2018, sedangkan tim Jepang harus puas dengan medali perak.

Sementara medali perunggu diraih oleh tim Korea Selatan yang sukses menekuk Sri Lanka dengan skor 36-14 pada perebutan juara ke- tiga. (KR-RMT).